Skip to main content

Tugas Refleksi UAS Poduksi Multimedia 2019-Bernadetha

Hal yang sudah saya pelajari adalah :
  • Produksi video, produksi audio, blogging, vlogging, podcasting, dan vodcasting.  Bekerjasama dengan kelompok; menyelesaikan proyek yang meliputi antara lain: movie trailer, iklan komersial, iklan layanan masyarakat, reportase investigasi, dokumenter, video musik, komedi, drama, horor, experimental, dan lain-lain. 
Hal yang sudah saya pelajari:
  • Video 
Saya belajar mengaplikasikan teori dengan aplikasi-aplikasi yang telah saya dapat dan mempraktekan. Take video dengan tema tertentu yang ada kemudian menguploadnya ke youtube. Saya juga mencoba mengaplikasikannya dengan memasukan video ke website kongregasi kami.
  • Audio
Dalam hal ini saya lakukan ketika membuat podcast; saya merekam audio terlebih dahulu dan kemudian memadukan dengan music yang saya inginkan dan tentunya sesuai dengan tema atau topic pembicaraan. Alat yang digunakan adalah Smartphone.
  • Blogging
Belajar membuat blog untuk selanjutnya mengisinya dengan konten-konten tulisan berita, video, dan lain sebagainya.
  • Podcasting
Bagaimana mengangkat suatu tema tertentu dengan merekam dan memadukannya dengan music instrument kemudian diedit dan dipublikasikan.  
  • Vodcasting
Ketika melakukan kuliah jarak jauh bersama senior Reporter SCTV dan Suarane Podcast. Ini merupakan salah satu cara melakukan Vodcast dan masih ada cara lainnya.
  • Menulis di Kompasiana
Menulis hasil rangkuman ke Kompasiana.com dengan judul yang menarik dengan menggunakan kangka-langkah penulisan media daring.
  • Foto Story
Membuat foto story kemudian mengunggahnya di IG. Foto-foto story yang ada diambil dengan angle sesuai dengan yang ditentukan seperti: Rule of Third, Pattern, Framming, Long shot, Close up: medium, ekstrim, dan sebagainya.

Proyek yang dilakukan bersama kelompok:
  • Ketika dalam kelompok kami juga membuat iklan komersial dimana merancang dan membuat iklan kosmetik, dalam iklan layanan masyarakat kelompok juga membuat iklan agar hati-hati dijalan raya, reportase; bekerjasama dengan kelompok menyiapkan segala perlengkapan dan melakukan siaran langsung dari titik nol Yogyakarta.
  • Hal yang sudah saya dapat; video, audio, blogging, Vlogging, podcasting, dan Vodcasting, meliput dan menulis berita, dan juga bersama kelompok merancang untuk siaran di Radio; kontennya berisi berita-berita yang kami liput, ada iklan komersial dan iklan layanan masyarakat dan lain sebagainya.
  • Kompetensi yang saya dapat; Menulis berita, menulis dengan tema tertentu dan menguploadnya ke blog, membuat podcasting dan mengeditnya agar dapat memadukan dengan music atau instrumen yang ada.
  • Menyangkut nilai saya kembalikan kepada Dosen sebagai penilai, saya yakin Dosen telah mempunyai standar atau ukuran tersendiri bagai saya sesuai usaha dan keaktifan saya di kelas maupun dengan tugas-tugas. Namun sesuai pertanyaan yang ada maka saya menjawab bahwa saya mengharapkan nilai A-, karena saya telah mengaplikasikan beberapa materi yang saya dapat dan juga mengerjakan tugas dan mengumpulkan pada waktunya; namun hal yang terpenting adalah bagaimana saya mengaplikasikan materi-materi tersebut agar berguna dalam perjalanan hidup saya. 

Tugas-tugas:
  1. Mengenal Multimedia Secara Lebih Dekat 
  2. Meramu Kisah tentang Jurnalisme Masa Depan 
  3. Menganalisis Video Singkat, Film Pendek Penyesalan  
  4. Visual Storytelling: Cara Tepat dalam Penyampaian 
  5. Photo Story 
  6.  https://soundcloud.com/user-749146263 

 


Comments

Popular posts from this blog

Dampak Landasan Udara Baru New Yogyakarta International Airport

Proses pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport masih terus dilakukan. Pengembangan infrastruktur bandara pun masih dikembangkan hingga tahun 2019, namun pengembangan tersebut nampaknya kurang berdampak baik bagi kehidupan masyarakat sekitar. Masyarakat resah penggusuran atau relokasi tempat tinggal akan kembali dilakukan seiring dengan proses pembangunan infrastruktur bandara. Tidak hanya itu, infrastruktur desa seperti jalan, rusak akibat lalu lalang kendaraan dari luar kota maupun kendaraan proyek pembangunan bandara itu sendiri.

TROTOAR JALAN SUROTO YOGYAKARTA DIPERINDAH

Keindahan kota Yogyakarta dapat dilihat dari beberapa fasilitas trotoar guna memenuhi kebutuhan para pejalan kaki. Nah, bagi teman-teman yang hendak berwisata di kota Yogyakarta, jangan lupa untuk jalan-jalan di sepanjang jalan Suroto, Yogyakarta. Mengapa? Trotoar di sepanjang jalan Suroto diperindah dan diresmikan oleh pemerintah kota Yogyakarta pada awal tahun 2019. Banyaknya fasilitas pejalan kaki seperti kursi, sepeda hingga tempat sampah mendukung keindahan kota Yogyakarta sekaligus memberikan kenyamanan bagi para pejalan kaki.

FOTO HOAX

          Berita bohong atau HOAX seringkali beredar di berbagai platform media. Beragam berita yang memuat informasi dalam rupa tulisan, suara maupun visual ternyata bisa saja memuat adanya berita bohong. Seringkali kita tertarik kepada sebuah informasi yang memuat visual sehingga suatu berita dapat dinilai lebih kredibel dibandingkan dengan berita yang hanya memuat unsur tulisan. Nah, namun apakah teman-teman tahu bahwa sebuah berita yang memuat gambar bisa saja menjadi salah satu tebaran HOAX? Bahkan tidak sedikit pihak yang menyalahgunakan kreativitasnya dalam proses penyuntingan gambar untuk menyebarkan berita bohong. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu teman-teman ketahui perihal berita bohong yang memuat visual atau seringkali disebut dengan FOTO HOAX. Kabar Cumi-Cumi Raksasa Ditemukan di Aceh, Indonesia           Foto pantai dengan cumi-cumi raksasa terdampar di atas merupakan salah satu contoh FOTO HOAX yang terjadi di media Indonesia. Sempat membuat