Skip to main content

Refleksi R.A Andariesta Putri Pramesti

Berikut yang telah saya pelajari dalam mata kuliah Produksi Multimedia yang diampu oleh Bapak Yohanes Widodo.

  • Editing 
Editing merupakan suatu proses yang cukup penting dalam pengolahan konten multimedia. Editing yang dimaksud adalah baik editing teks, video, audio dan foto. Mahasiswa didorong untuk mempelajari editing melalui tugas-tugas yang diberikan dan dosen melakukan presentasi mengenai langkah-langkah untuk mengedit saat mata kuliah berlangsung dan diawasi oleh dosen pengampu sehingga mahasiswanya bisa dipastikan dapat melakukan editing walaupun masih dalam tingkat dasar.

  • Video
Konten video yang berkaitan dengan produksi konten multimedia memiliki teknik-teknik pengambilan gambar tententu agar sesuai dengan tujuan pembuatannya. Contohnya, jika video yang memuat konten berita, sebaiknya berisikan potongan-potongan gambar yang masing-masing berdurasi 5-10 detik (namun dalam proses pengambilan diharuskan mengambil lebih dari durasi tersebut untuk menghindari kekurangan gambar), lebih banyak mengambil detail peristiwa dan narasumber dan lebih bersifat informatif. Dalam pengambilan gambar juga diharuskan untuk stabil (usahakan menggunakan tripod) dan pergeserannya dengan kecepatan sedang untuk menghindari mengurangi kenyamanan penonton dalam menikmati konten karena penonton memiliki fokus yang tinggi saat menonton program berita.


  • Audio

Audio juga bagian penting dari produksi konten multimedia.Audio dalam konteks ini lebih ke arah dubbing baik berita maupun iklan. Kita harus memperhatikan jarak antara sumber suara dengan mic agar suara tidak pecah dan nyaman untuk didengar, jeda kalimat dan pengambilan nafas agar tidak mengganggu penyampaian konten, serta bagaimana mengatur proses dialog agar tidak terkesan "berebut" jika pengisi suara lebih dari satu orang.


  • Photo

Foto merupakan suatu pelengkap dalam sebuah berita terutama yang berbasis teks. Foto yang digunakan haruslah memiliki unsur informasi yang jelas dan menggambarkan isi teks, dan membuat pembaca semakin paham dan tertarik dengan konten berita tersebut. Foto diharuskan untuk memiliki penerangan dan jarak yang cukup serta objeknya jelas.


  • Podcast

Podcast merupakan suatu bentuk produksi konten audio yang biasanya memiliki tujuan informatif dan/atau hiburan. Dalam pembuatan podcast, pengisi suara diharuskan untuk memiliki suara dan intonasi yang dapat menarik pendengar dan tidak membuat bosan karena konten yang disampaikan cenderung memiliki durasi panjang. Pengisi suara juga haruslah memiliki catatan mengenai topik yang akan disampaikan agar kontennya to-the-point dan tidak membuang waktu.


  • News Writing

Penulisan berita haruslah mencakup 5W+1H, tidak boleh berbelit-belit, bersifat informatif, padat, dan jelas. Kalimat pertama dari berita haruslah mengandung inti dari berita, lalu dilanjutkan dengan penjelasan kronologi dan informasi yang telah didapatkan oleh jurnalis.


  • Script writing

Script digunakan sebagai acuan dalam produksi program multimedia. Script mengatur bagaimana program akan berlangsung sehingga sesuai dengan tujuan produksi program tersebut. Contoh script yang telah saya buat sebagai berikut
Script


  • Multimedia content

Konten multimedia diharuskan dapat dinikmati di lebih dari dua platform sehingga memfasilitasi kebutuhan informasi khalayak. Konten multimedia meliputi teks, video, audio, dan foto.


  • Program design

Saat kita memproduksi sebuah program, kita harus memperhatikan berbagai aspek seperti talent yang digunakan dalam program tersebut, script, dekor, pengambilan suara atau gambar, alat yang digunakan untuk memproduksi program, detail seperti warna baju dan penampilan talent (jika video) serta editing itu sendiri. Dalam prosesnya, kita juga harus mempertimbangkan kepadatan durasi program serta menjaga mood talent supaya tidak berpengaruh negatif terhadap program yang akan diproduksi.


  • Hoax detection

Informasi HOAX banyak tersebar di sekitar kita. Kita harus hati-hati dalam menerima informasi agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan kita. Metode deteksi hoax diantaranya menggunakan aplikasi yang diproduksi oleh Mafindo yang dapat diakses di Android dan iOs, serta menggunakan fitur Google Image.

Kompetensi
Saya dapat mengedit audio dan video dengan tingkat kemampuan sedang menggunakan Audacity, Adobe Audition, Adobe Premiere, Final Cut Pro dan Filmora. Saya mengetahui teknik-teknik pengambilan gambar baik untuk konten berita maupun konten hiburan, cukup baik dalam memproduksi podcast, menulis berita dan artikel serta merancang program.

Nilai
Nilai yang saya harapkan berdasarkan hasil dari tugas-tugas yang saya kerjakan adalah B+

Link Tugas
Online Journalism 
Podcast Online Journalism
Analisis Video
Podcast Review Film
Liputan Bulan Olahraga Mahasiswa  
Editing audio

Comments

Popular posts from this blog

Dampak Landasan Udara Baru New Yogyakarta International Airport

Proses pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport masih terus dilakukan. Pengembangan infrastruktur bandara pun masih dikembangkan hingga tahun 2019, namun pengembangan tersebut nampaknya kurang berdampak baik bagi kehidupan masyarakat sekitar. Masyarakat resah penggusuran atau relokasi tempat tinggal akan kembali dilakukan seiring dengan proses pembangunan infrastruktur bandara. Tidak hanya itu, infrastruktur desa seperti jalan, rusak akibat lalu lalang kendaraan dari luar kota maupun kendaraan proyek pembangunan bandara itu sendiri.

TROTOAR JALAN SUROTO YOGYAKARTA DIPERINDAH

Keindahan kota Yogyakarta dapat dilihat dari beberapa fasilitas trotoar guna memenuhi kebutuhan para pejalan kaki. Nah, bagi teman-teman yang hendak berwisata di kota Yogyakarta, jangan lupa untuk jalan-jalan di sepanjang jalan Suroto, Yogyakarta. Mengapa? Trotoar di sepanjang jalan Suroto diperindah dan diresmikan oleh pemerintah kota Yogyakarta pada awal tahun 2019. Banyaknya fasilitas pejalan kaki seperti kursi, sepeda hingga tempat sampah mendukung keindahan kota Yogyakarta sekaligus memberikan kenyamanan bagi para pejalan kaki.

FOTO HOAX

          Berita bohong atau HOAX seringkali beredar di berbagai platform media. Beragam berita yang memuat informasi dalam rupa tulisan, suara maupun visual ternyata bisa saja memuat adanya berita bohong. Seringkali kita tertarik kepada sebuah informasi yang memuat visual sehingga suatu berita dapat dinilai lebih kredibel dibandingkan dengan berita yang hanya memuat unsur tulisan. Nah, namun apakah teman-teman tahu bahwa sebuah berita yang memuat gambar bisa saja menjadi salah satu tebaran HOAX? Bahkan tidak sedikit pihak yang menyalahgunakan kreativitasnya dalam proses penyuntingan gambar untuk menyebarkan berita bohong. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu teman-teman ketahui perihal berita bohong yang memuat visual atau seringkali disebut dengan FOTO HOAX. Kabar Cumi-Cumi Raksasa Ditemukan di Aceh, Indonesia           Foto pantai dengan cumi-cumi raksasa terdampar di atas merupakan salah satu contoh FOTO HOAX yang terjadi di media Indonesia. Sempat membuat