Skip to main content

Refleksi Produksi Multimedia 2019 Essie Tiara Bethamonka



Produksi Multimedia, sesuai dengan judul mata kuliahnya, mata kuliah ini memberi wawasan mengenai bagaimana cara untuk menghasilkan produk jurnalistik secara multimedia. Melalui mata kuliah ini, saya semakin sadar betapa pentingnya untuk menyajikan sesuatu secara multimedia di era digital ini. Betapa sayangnya apabila kita memiliki informasi yang baik untuk diketahui masyarakat, namun tertinggal hanya karena produk berbentuk monoton (mis: teks saja).

Multimedia yang didalami selama proses belajar mata kuliah Produksi Multimedia adalah menulis teks online, menautkan foto, video, grafik, dan bahkan audio. Menulis teks online dibiasakan oleh dosen pengampu untuk dilakukan mahasiswa setiap sehabis pertemuan. Kompasiana menjadi ladang bebas bagi mahasiswa FISIP UAJY untuk menyampaikan informasi sekaligus mengasah kemampuan untuk menghasilkan produk jurnalistik yang bersifat multimedia. Tidak sampai di situ, setiap pertemuan pula dibarengi dengan kegiatan saling menilai antar teman yang kemudian didiskusikan, “mengapa tulisan seperti ini setara dengan angka sekian?”.

Mahasiswa juga diajarkan untuk aktif di media audio. Hal ini dilakukan dengan memberikan tugas untuk membuat sebuah podcast, yang dihubungkan dengan tugas di kompasiana melalui tautan.
Mata kuliah PMM ini mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi seorang jurnalis, terlebih dalam praktek yang berbasis soft skill. Selain membuat naskah berita, mahasiswa diberi pengalaman untuk terjun melakukan live report, juga melalui tugas membuat Photo Story yang mendorong mahasiswa bisa memotret, mengedit, dan memberi caption pada foto.

Pula, mahasiswa dibentuk dalam kelompok-kelompok kecil untuk membuat suatu program radio yang mendorong  mahasiswa untuk mengerjakan produksi yang dilakukan awak-awak media. Kelompok berembug, merencanakan, dan melakukan produksi meliputi pembuatan Iklan Layanan Masyarakat (ILM), bulletin, jingle radio, program radio, dan sebagainya. 

Saya belajar banyak melalui Produksi Multimedia seperti harus kontan menulis  baik artikel maupun berita, sebisa mungkin menghasilkan produk yang multimedia, juga melakukan perekaman podcast dengan mengedit dan menambahkan musik ke dalam rekamannya.

Mengenai nilai, berdasarkan dinamika di kelas dan perkembangan pada diri saya sendiri, saya pantas mendapatkan nilai B+, karena saya mengikuti untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dengan usaha terbaik saya. Dalam dinamika UTS, saya juga aktif berperan dalam kelompok dengan cara menyumbang ide beberapa Iklan Layanan Masyarakat, berita, naskah drama radio, naskah program zodiac, dan menjadi penyiar radio. Mengapa B+ dan tidak A? karena setelah UTS, saya pribadi mulai kendor semangatnya dalam belajar di kelas ini dan beberapa kali tidak mengikuti dinamika dan tempo yang sama dengan teman-teman lainnya. Bahkan hal ini tentu agak menyulitkan teman-teman sekelompok saya. Namun, tetap saya mengusahakan yang terbaik yang dapat saya kerjakan selama proses UAS ini.

Portofolio :
1.      Tulisan di Kompasiana dengan judul “Jurnalisme Masa Depan? Mau dibawa ke Mana?”
2.      Tulisan di Kompasiana dengan judul “Visual Story Telling Penting. Kenapa?”
3.      Podcast di Soundcloud dengan judul “Jurnalisme Masa Depan, Bakal Seperti Apa YA? #EssieNyangkem”
4.      Podcast di Soundcloud dengan judul “Kuliah Sambil Kerja?”

Comments

Popular posts from this blog

Dampak Landasan Udara Baru New Yogyakarta International Airport

Proses pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport masih terus dilakukan. Pengembangan infrastruktur bandara pun masih dikembangkan hingga tahun 2019, namun pengembangan tersebut nampaknya kurang berdampak baik bagi kehidupan masyarakat sekitar. Masyarakat resah penggusuran atau relokasi tempat tinggal akan kembali dilakukan seiring dengan proses pembangunan infrastruktur bandara. Tidak hanya itu, infrastruktur desa seperti jalan, rusak akibat lalu lalang kendaraan dari luar kota maupun kendaraan proyek pembangunan bandara itu sendiri.

TROTOAR JALAN SUROTO YOGYAKARTA DIPERINDAH

Keindahan kota Yogyakarta dapat dilihat dari beberapa fasilitas trotoar guna memenuhi kebutuhan para pejalan kaki. Nah, bagi teman-teman yang hendak berwisata di kota Yogyakarta, jangan lupa untuk jalan-jalan di sepanjang jalan Suroto, Yogyakarta. Mengapa? Trotoar di sepanjang jalan Suroto diperindah dan diresmikan oleh pemerintah kota Yogyakarta pada awal tahun 2019. Banyaknya fasilitas pejalan kaki seperti kursi, sepeda hingga tempat sampah mendukung keindahan kota Yogyakarta sekaligus memberikan kenyamanan bagi para pejalan kaki.

FOTO HOAX

          Berita bohong atau HOAX seringkali beredar di berbagai platform media. Beragam berita yang memuat informasi dalam rupa tulisan, suara maupun visual ternyata bisa saja memuat adanya berita bohong. Seringkali kita tertarik kepada sebuah informasi yang memuat visual sehingga suatu berita dapat dinilai lebih kredibel dibandingkan dengan berita yang hanya memuat unsur tulisan. Nah, namun apakah teman-teman tahu bahwa sebuah berita yang memuat gambar bisa saja menjadi salah satu tebaran HOAX? Bahkan tidak sedikit pihak yang menyalahgunakan kreativitasnya dalam proses penyuntingan gambar untuk menyebarkan berita bohong. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu teman-teman ketahui perihal berita bohong yang memuat visual atau seringkali disebut dengan FOTO HOAX. Kabar Cumi-Cumi Raksasa Ditemukan di Aceh, Indonesia           Foto pantai dengan cumi-cumi raksasa terdampar di atas merupakan salah satu contoh FOTO HOAX yang terjadi di media Indonesia. Sempat membuat